Jumat, 17 Agustus 2012

Manfaat Daun Dewa


Manfaat Daun Dewa | Daun dewa (Gynura divaricata, Gynura segetum (Lour) Merr, atau Gynura pseudochina) cukup lama dikenal sebagai tanaman anti kanker. Di beberapa daerah daun dewa dikenal dengan nama beluntas cina, atau samsit.Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 50 cm. Daunnya tunggal bertangkai pandek berbentuk bundar telur berujung lancip. Kedua permukaan daunnya berambut dengan warna putih. Menurut penelitian, secara laboratis ekstrak etanol daun dewa mampu menghambat pertumbuhan tumor paru-paru pada mencit (tikus putih kecil). Ekstrak ini juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.Efek farmakologis daun dewa adalah antikoagulan (koaguan: zat yang mempermudah dan mempercepat pembekuan darah), mencairkan bekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan,menghilangkan panas, dan membersihkan racun. Daun dewa mengandung zat saponin, minyak atsiri,flavonoid, dan tanin. Efek farmakologis didapatkan dari seluruh tanaman.
- Untuk mengatasi luka terpukul, tak datang haid, pendarahan bagi wanita, pembegkakan payudara, batuk, dan muntah darah, seluruh tanaman daun dewa ditumbuk atau direbus, lau airnya diminum.
- Bila anak mengalami kejang beri minum air dari satu batang daun dewa.
- Untuk kutil haluskan daun dan ditempelkan pada bagian yang sakit dan biarkan hingga keesokan harinya.
- Untuk mengatasi tumor, silahkan makan dua daun dewa sebagai lalap.
- Untuk kanker buatlah ramuan dari 30 gram daun dewa segar, 20 gram temu putih, 30 gram jombang yang direbus degan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan airnya diminum.
- Bagian umbi bisa dimanfaatkan untuk pengobatan luka terpukul, masuk angin, digigit ular, dan menghilangka bekuan darah, serta mengobati stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar