Kamis, 30 Januari 2014

Diartrosis


Diartrosis
            Diartosis yaitu hubungan antar tulang yang memudahkan timbulnya gerakan. Sendi diartosis dapat dibedakan menjadi beberapa macam persendian yaitu:
1.sendi peluru,persendian yang memungkinkan gerak paling bebas dibanding persendian yang lain. Sendi ini bergerak kesegala arah.ujung tulang yang satu berbentuk bongkol, ujung tulang yang berbentuk cengkungan. Contoh sendi pada bahu, yaitu yang menghubungkan tulang lengan atas dan tulang belikat.
2.sendi engsel, adalah sendi yang gerakannya atu arah seperti engsel pintu. Contohnya terdapat pada siku,lutut,mata kaki dan ruas ruas jari.
3.sendi putar adalah persendian yang menimbulkan gerakan memutar (rotasi). Tulang yang satu mengitari tulang yang lain. Contoh hubungan hasta dan pengumpil, antartulang atlas dan tulang pemutar, pada pergelangan tangan, dan pergelangan kaki.
4.sendi luncur terdapat pada hubungan antara ruas-ruas tulang belakang sehingga memungkinkan gerakan badan menggeliat (memutar).
5.sendi pelana persendian yang gerakan nya dua arah seperti orng naik kuda diatas pelana. Contoh : gerak pada ibu jari, antara meta carpal dan carpal.
6.sendi geser atau sendi kejut adalah persendian yang gerakannya menggeser contohnya hubungan antar tulang pergelangan kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar